Ajeng Perwito Sari- Peraih Medali Perunggu PON 2008 Samarinda

PRSI Lampung Dukung Munaslub
March 22, 2016
PRSI Lampung Gelar Kejuaraan Renang Antar Pelajar Se-Lampung
March 29, 2016

Ajeng Perwito Sari- Peraih Medali Perunggu PON 2008 Samarinda

ajeng raih emas porwil bangka belitung.jpg-largeWaktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB. Sinar matahari terasa masih menyengat di kawasan Pahoman, Bandarlampung, Kamis di akhir bulan Maret 2016. Bahkan, terasa semakin panas saat kita berada di kolam renang yang ada di kawasan tersebut.

Namun, hal itu tidak membuat seorang wanita muda yang berada di tepi kolam renang Pahoman patah semangat. Dengan membawa leefre dan timer, ia nampak sibuk memberikan arahan kepada anak didiknya. Sesekali teriaknya terdengar lantang karena beberapa anak didiknya tidak menjalankan instruksinya.

Ya, wanita itu ialah Ajeng Perwito Sari (23) salah satu atlet renang andalan Provinsi Lampung. Sudah hampir setahun ini, Ajeng memilih untuk mengabdikan dirinya menjadi pelatih renang di salah satu perkumpulan renang di Bandarlampung. Setiap harinya, wanita kelahiran Bandarlampung ini menyibukkan dirinya untuk melatih calon-calon atlet renang andalan bumi Khua Jurai ini agar mampu berkompetisi tidak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional.

Kecuali hari minggu, Ajeng sapaan akrabnya memulai rutinitas tersebut dari sore hingga malam hari. Jadwal latihan yang berlangsung dari pukul 16.00 sampai 19.00 dijalaninya dengan senang hati. Menurut dia, melakoni pekerjaan tersebut karena sudah menjadi hobinya sejak masih di bangku kelas 3 sekolah dasar. “Saya tidak bisa jauh-jauh dari kegiatan berenang,” cetus Ajeng.

Sebetulnya sudah sejak tahun 2014, Ajeng diminta untuk melatih di klub renang ini. Tetapi karena masih disibukkan urusan perkuliahan, peraih medali perunggu 50 Meter gaya punggung di Pekan Olah Raga (PON) 2008 di Samarinda, Kalimantan Selatan ini belum menerima. “ Tahun kemarin setelah lulus baru saya putuskan untuk ambil tawaran itu, Karena memang hobi, saya juga merasa kangen kalau seminggu aja tidak ke kolam,” kata Peraih medali emas 50 M gaya punggung di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera tahun 2015 ini.

Ajeng_lagiAnak bungsu dari pasangan Raden Supriyadi dan Poningsih itu mengaku meskipun ia seorang mantan atlet  menjadi pelatih tidaklah mudah. Dalam menjalankan pekerjaannya sekarang, Ajeng masih tetap harus banyak-banyak belajar. “Kita harus punya sertifikasi untuk bisa melatih,” ujar Ajeng.

Bagi Ajeng, melatih atlet renang perlu adanya kedekatan dengan yang dilatih, Supaya dia juga bisa memahami karakter dari masing-masing anak didiknya sehingga kendala yang mungkin saja dapat menghambat bisa teratasi.” Yang penting klop sama mereka (anak didik), kalau saatnya main ya main, kalau saatnya serius ya serius,” jelas dia.

Atlet Andalan Lampung

Nama Ajeng Perwito Sari bisa disebut atlet renang andalan Provinsi Lampung sejak beberapa tahun terakhir, Prestasi tertingginya adalah meraih medali perunggu di PON 2008 di Samarinda, Kalimantan Selatan untuk Nomor 50 M gaya punggung putri. Terakhir, Ajeng juga sukses meraih 1 Medali Emas, 1 Medali Perak, 2 Medali Perunggu dalam Pekan Olah Raga Wilayah (Porwil) Sumatera di Bangka Belitung 2015 lalu. Sampai saat ini, prestasi Ajeng belum dapat dilampaui perenang Lampung di bawahnya.

Ajeng memulai berlatih renang sejak kelas 3 sekolah dasar. Sejak saat itu, Ajeng sudah terbiasa berlatih keras setiap hari. Sudah banyak kejuaraan renang dari tingkat provinsi sampai nasional yang diikutinya. Ajeng pun hampir selalu meraih medali dari perunggu hingga medali emas.

Tanggung jawab dan mau bekerja keras ini lah yang mau ditularkan kepada anak didiknya agar bisa menjadi atlet andalan provinsi lampung.”Harapannya ke depan atlet renang ini bisa maju lagi kalo bisa ke tingkat internasional dan yang pasti bisa lebih berkualitas lagi,” kata dia.

Kini, Ajeng memutuskan untuk tidak lagi menjadi atlet renang karena berbagai pertimbangan, meskipun pemerintah provinsi Lampung tetap berharap dirinya bisa mewakili Lampung di berbagai kejuaraan. Salah satu alasanya, Ajeng ingin memberikan kesempatan kepada perenang muda di bawahnya untuk lebih maju.” Biar regenerasinya bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Meskipun semasa kuliah dia bukanlah mahasiswa yang menempuh studi keolahragaan, tetapi karena sudah menjadi hobi pekerjaan tersebut akan terus digelutinya sampai tua kelak. “Kalau cita-cita pengen kerja di Kementerian Olahraga atau kalau tidak ya PNS di Lampung sehingga saya punya waktu luang untuk tetep bisa ngelatih renang,” katanya sambil tersenyum.

Ajeng

Biodata

Nama: Ajeng Perwito Sari

TTL    : Bandarlampung,19 agustus 1993

Orang tua

Bapak : Raden Supriyadi

Ibu      : Poningsih

Pendidikan

SD Negeri 2 Gedong Air Tanjung Karang Barat  2005

SMP Negeri 2 Bandarlampung 2008

SMA Negeri 1 Bandarlampung 2011

Pendidikan Ekonomi FKIP UNILA

Prestasi:

Juara 1 Porwil Sumatera di Bangka Belitung 2015

Juara I Menpora Open di Palembang 2010

Juara I dan II  Kerapsi 2009

Juara I Popnas 2009

Juara III  PON 50 meter gaya punggung 2008

Juara II dan III Kejurnas 2008

Juara I Porwil Sumatera Medan 2007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *