Psikologi Olah Raga Usia Dini – Atlet Usia Dini Rentan Stres

400 Pelajar Se-Lampung Ikuti Kejuaraan Renang
April 12, 2016
Latihan Mental memiliki pengaruh besar bagi Prestasi atlet renang dunia dan atlet renang nasional
April 15, 2016

Psikologi Olah Raga Usia Dini – Atlet Usia Dini Rentan Stres

Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Lampung menggelar kegiatan Seminar Psikologi Olahraga, Selasa (12/04). Seminar yang menghadirkan pembicara Juriana, S.Psi, M.Si ini dilangsukan di gedung Semergo, Pahoman, Bandar Lampung. Dalam kegiatan ini, Pengprov PRSI Lampung mengundang 50 peserta yang terdiri dari orang tua atlet, pelatih, dan pengurus perkumpulan renang di Lampung.

Juriana menjelaskan jika atlet usia dini sangat rawan mengalami stres. Hal ini, ujar pengajar di Universitas Negeri Jakarta, terjadi saat atlet hendak bertanding. “Anak biasanya cemas karena takut mengecewakan pelatih dan orang tuannya,” tutur Yana yang juga mantan atlet renang Lampung ini.

Untuk menghindari kecemasan dan stres pada atlet usia dini ini, Yana menilai peran pelatih dan orang tua sangat besar. Selain menguasi aspek teknis, pelatih juga harus mengusai aspek psikologi. Pelatih harus membuat target yang realistis untuk setiap individu atlet yang dilatihnya. ” Itulah mengapa pentingnya pelatih harus berlisensi,” tegas Yana.

Dukungan orang tua juga sangat penting untuk menghilangkan stres pada atlet usia dini. Biasanya, tekanan harus menang dalam setiap kejuaraan juga datang dari orang tua. Kondisi ini, tutur Yana, membuat atlet menjadi tidak tenang dan cemas. “Orang tua harusnya memotivasi bukan mengancam,” papar Yana.

Selain soal psikologi, Yana juga memaparkan betapa pentingnya asupan nutrisi bagi atlet. Kurangnya asupan nutrisi bisa menyebabkan atlet mengalami berbagai kendala, seperti cedera dan sakit.

IMG-20160412-WA0000 IMG20160412104920 IMG20160412110940 IMG20160412111112

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *