Sandiaga Sibuk Nyalon, PRSI Cari Ketua

Perenang Andalan Lampung Kembali Gagal ke Final PON XIX
September 16, 2016
Halimatussa’diah Tembus Final PON XIX di Nomor 50 M Gaya Dada
September 19, 2016

Sandiaga Sibuk Nyalon, PRSI Cari Ketua

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) tengah mencari seorang calon ketua umum menyusul kesibukan ketua umum lama Sandiaga Uno menghadapi proses Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

PP PRSI mensyaratkan calon ketua umum mempunyai pengalaman dalam kepengurusan organisasi olahraga nasional. “Calon ketua umum pernah menjabat dan/atau sedang menjabat dalam pengurus besar ataupun pengurus daerah renang seluruh Indonesia ataupun pengurus organisasi olahraga lain,” kata Ketua Penjaringan Calon Ketua Umum PRSI 2016-2020 Sarman Simanjorang dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Sarman juga menyebutkan tujuh syarat lain calon ketua umum olahraga akuatik yang membawahi cabang olahraga renang, loncat indah, renang indah, polo air, serta renang perairan terbuka itu.

“Calon mencintai dan berkomitmen untuk memajukan olahraga akuatik. Dia juga harus memperoleh rekomendasi minimal dari tiga pengurus PRSI daerah. Lalu, calon juga harus berdomisili di Jakarta,” kata Sarman.

Tiga syarat lain calon ketua umum PRSI adalah warga negara Indonesia, tidak sedang atau pernah menjalani proses hukum, membuat surat pernyataan kesanggupan dan komitmen, dan menyatakan visi-misi sebagai ketua umum.

Tim penjaringan calon ketua umum PRSI terdiri dari lima orang yang ditunjuk Ketua Umum PRSI periode 2013-2016 Sandiaga Uno. Lima orang itu adalah Hilmi Panigoro, Sarman Simanjorang, Lukman Niode, Richard Sam Bera, dan H. Muslim Ayub.

Tim penjaringan itu akan mulai membuka pendaftaran calon ketua umum PB PRSI mulai Senin (19/9) hingga Selasa (27/9) di Sekretariat PRSI di Mayapada Tower I lantai 7 Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

“Kami akan mempublikasikan siapa saja yang mengambil formulir pendaftaran calon ketua umum sekaligus siapa yang mengembalikan formulir itu,” ujar Sarman.

Tim penjaringan itu juga mengharapkan calon ketua umum memiliki jaringan untuk menggalang dana demi pembinaan atlet-atlet akuatik menyusul pendanaan yang minim dari pemerintah.

Sekretaris Jenderal PB PRSI Ali Pratiwiri mengatakan bursa pendaftaran calon ketua umum PRSI periode 2016-2020 dilatarbelakangi hasil Rapat Kerja Nasional PB PRSI pada Februari 2016. “Kami akan mengumumkan calon ketua umum dalam Musyawarah Nasional pada 30 September-1 Oktober 2016. Kepengurusah PB PRSI yang sekarang sebenarnya baru berakhir pada April 2017,” kata Ali.

Ali mengatakan latar belakang percepatan musyawarah nasional organisasi cabang olahraga renang itu adalah kesibukan Ketua Umum PRSI Sandiaga Uno menghadapi Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Percepatan Munas PRSI 2016, lanjut Ali, juga telah disetujui duapertiga dari jumlah pengurus PRSI provinsi yang masih aktif.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *